Informasi mengenai batu akik bacan

Batu akik bacan telah di kenal mulai sejak th. 1960an. Batu akik bacan ada di pulau Kasiruta bukanlah pulau Bacan, dikarenakan pusat pemerintahan ada di Labuha, pulau Bacan jadi batu itu dinamai Batu akik bacan. Pada saat itu, type Batu akik bacan yang disukai orang-orang yaitu warna hati hiu, kembang super serta warna biru.

Mengapa disebutkan Batu akik bacan warna kembang super, lantaran terdiri atas 3-4 warna. Orang yang menggosok-gosok Batu akik bacan pertamakali bernama Muhammad tinggal di kampung Amasing, Bacan.

Dahulu, Batu akik bacan tak dihargai semahal seperti saat ini lantaran dahulu tak ada konsumen lokal serta konsumen dari luar daerah. Ketika itu, tak ada orang-orang yang mencari nafkah mencari Batu akik bacan (penambang). Mata pencaharian orang-orang di pulau Kasiruta juga sebagai petani yang pergi ke kebun/mencari damar. Terkadang mereka temukan Batu akik bacan di sungai atau erosi (gunung yang longsor).

Petani yang temukan Batu akik bacan umumnya menukar Batu akik bacan dengan beberapa barang sembako. Pada th. 1990an Batu akik bacan berupa bongkahan lebih kurang 10 kg dengan type super pertama kali dibeli oleh turis dari Singapura dengan duit beberapa ribu dolar Singapura (yang nilainya diganti Rupiah pada saat itu sebesar 7 juta).

Batu Akik BacanBapak yang memiliki Batu akik bacan bernama Anongko Golf tinggal di desa Palamea, pulau Kasiruta di samping barat. Saat ini desa Palamea telah jadi ibukota kecamatan Bacan Barat. Permintan Batu akik bacan oleh orang singapura dengan harga yang saat itu cukup tinggi mengakibatkan Batu akik bacan telah mulai di kenal di kelompok pengagum batu mancanegara. Usai kerusuhan, seputar th. 2005 Batu akik bacan mulai banyak peminat. Konsumen yang sangatlah berkeinginan dengan Batu akik bacan yaitu kelompok dari Suku Tionghoa.

Mereka beli Batu akik bacan dengan warna hijau serta biru. Warna yang sangatlah disukai serta sangatlah mahal yaitu warna hijau serta biru. Batu akik bacan warna merah juga mereka mencari namun sangatlah susah diperoleh Batu akik bacan warna merah. Mulai th. 2009 hingga saat ini, konsumen suku Tionghoa dari Jakarta serta Luar Negeri datang segera beli bongkahan Batu akik bacan ke tempat penambangan di pulau Kasiruta dengan harga yang sangatlah mahal sampai beberapa ratus juta lebih.


Informasi mengenai batu akik bacan

Saat ini, bongkahan Batu akik bacan telah susah didapat. Ada penambang Batu akik bacan mencari Batu akik bacan dapat memperoleh 1-2 minggu, ada pula sepanjang berbulan-bulan tak memperoleh Batu akik bacan di tempat. Penambang Batu akik bacan terkecuali masyarakat lokal, ada pula yang datang dari Manado, namun mereka tak bertahan lama lantaran biaya hidup penggalian sangatlah besar serta medan/tempat penambangan sangatlah susah. Ada penambang Batu akik bacan yang wafat jatuh korban lantaran tertimpa batu, tertimpa pohon, serta ada pula yang sakit.



Orang-orang pengagum batu diluar Maluku Utara yang mengetahui Batu akik bacan, mereka heran mengapa sangatlah mahal Batu akik bacan. Memanglah Batu akik bacan mahal lantaran Batu akik bacan sangatlah unik serta aneh. Paling banyak orang memikirkan Batu akik bacan seperti batu permata biasanya yang pertama kali didapati mesti jernih serta bening.

Saya anjurkan anda menunjukkan apakah pernyataan saya bohong atau tak, belilah Batu akik bacan yang telah bentuk mata cincin atau berupa bongkahan sistem yang anda/pengrajin anda gosok sendiri. Misal Batu akik bacan warna hitam, anda gunakan mata cincin Batu akik bacan itu bersentuhan segera dengan kulit anda hingga sistem beningnya Batu akik bacan lebih cepat dengan pertolongan panas badan (Batu akik bacan yaitu batu yang hidup). Kenapa Batu akik bacan disebutkan batu sistem?

Lantaran Batu akik bacan sangatlah mengagumkan, saya saja pendatang asal Jakarta saja terheran-heran mengapa batu yang semula hitam, dalam sebagian bln. beralih jadi hijau. Batu yang semula disenter tak tembus serta berwarna hitam, saat ini hitamnya telah jadi titik-titik serta beralih warnanya jadi hijau yang telah tembus.

Hati-hati banyak batu lain yang serupa dengan Batu akik bacan. Batu itu biasanya didapati pertama kali segera bening. Ada Batu akik bacan yg tidak sistem, batu telah mati. Dagingnya serta warna batunya bagus, namun batu itu telah tak mempunyai sinar.

0 Responses to “Informasi mengenai batu akik bacan”

Post a Comment